Gaya hidup Sehat Agar Terhindar Diabetes


Diabetes ialah penyakit serius yang kasusnya meroket dalam sejumlah tahun terakhir. Jutaan orang di dunia didiagnosis terjangkit diabetes sebab gaya hidup tidak sehat dan tidak cukup berolahraga. Sebelum terlambat, berikut ialah 10 teknik mencegah diabetes, seperti dikutip Times of India.

1. Tahu apa tersebut diabetes

Sebelum mengawali tindakan pencegahan terhadap diabetes, sangat urgen untuk memahami apa sebetulnya diabetes itu. Setelah kita akrab dengan penyakit ini, kita dapat mengawali terapi pencegahan kita dengan mudah.

2. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi santap setiap hari dapat menjadi teknik terbaik guna menghindari diabetes.

3. Olahraga

Berolahraga masing-masing hari menolong menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kadar gula darah dan menambah sensitivitas kita terhadap insulin. Jadi, berolahragalah masing-masing hari selama paling tidak 30 menit untuk mengawal tingkat gula darah dalam rentang normal.

4. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih bisa menjadi memperbesar risiko seseorang terpapar diabetes. Jadi, pastikan bahwa Anda bisa menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal.

5. Sarapan paling penting

Tidak peduli seberapa bencinya kita pada sarapan, sangat urgen untuk sarapan masing-masing hari. Hal tersebut membantu meminimalisir risiko terpapar diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak melulu membantu mengontrol nafsu makan, tetapi pun membantu mengontrol konsumsi kalori.

6. Hindari makanan berlemak

Junk food dan makanan yang biasa kita beli di jalan lazimnya tinggi lemak jenuh, yang dapat menambah kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya pun dapat memprovokasi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya.

7. Hindari minuman manis

Soda, minuman enteng atau berperasa dapat menambah risiko terpapar diabetes. Semua minuman berpemanis adalahsumber gula yang tak terlihat, yang dapat menambah kadar gula darah Anda.

8. Makan tidak sedikit sayuran

Daging memang lezat, tetapi Anda tidak mesti memakannya masing-masing hari, sebab dapat memunculkan risiko diabetes. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran masing-masing hari. Mereka akan menolong Anda menangkal diabetes.

9. Hindari stres

Stres yang berlebihan dapat menambah kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau pelajaran pernapasan.

10. Tidur nyenyak

Mendapatkan minimal enam jam istirahat di malam hari sangat urgen untuk menangkal diabetes. Kurang istirahat dapat menambah hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat menambah tingkat insulin dan mengakibatkan ketidakseimbangan gula darah. Di samping itu, istirahat yang tidak lelap juga dapat membuat nafsu santap menggila.

Inilah sepuluh teknik mencegah diabetes. Sebelum terlambat, Anda dapat melakukan pencegahan semenjak dini dan mengawali gaya hidup sehat

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Tips agar hidup lebih sehat