Cara mengatasi frustasi yang berlebih



Beragam Cara Mengelola Rasa Frustasi
Munculnya rasa putus asa erat sekali kaitannya dengan keterampilan dalam  menorelansi kegagalan atau kemauan yang tidak tercapai. Seiring meningkatnya usia, keterampilan untuk menoleransi dan menyiasati kegagalan yang terjadi dalam kehidupan akan meningkat. Namun, tidak seluruh orang memiliki keterampilan yang sama guna mengelola rasa frustasi dampak kegagalan ini.

Oleh karenanya, ada sejumlah cara yang bisa Anda kerjakan untuk mengelola rasa putus asa yang sedang dialami, yaitu:

1. Tenangkan diri

Menenangkan diri merupakan teknik paling ampuh yang dapat Anda kerjakan untuk meminimalisir rasa frustasi. Anda dapat menghela napas panjang dan menghembuskannya secara perlahan-lahan. Cara ini dapat menolong Anda guna lebih tenang dan menciptakan tubuh lebih rileks.

2. Bercerita untuk orang lain

Bercerita untuk orang yang dapat diandalkan  merupakan teknik yang dapat dilaksanakan ketika terdapat yang mengganggu benak atau urusan yang menciptakan Anda kecewa dan frustasi. Dengan bercerita, Anda bisa berbagi perasaan itu dengan seseorang, dan tidak saja memendam rasa putus asa itu sendiri.

3. Berbicara lantang untuk diri sendiri

Cara beda yang dapat Anda kerjakan untuk mengelola rasa frustasi ialah dengan berkata lantang dan meyakinkan diri bahwa seluruh akan baik-baik saja. Bila perlu, rekam perasaan kecewa, sedih, dan putus asa yang kita alami, serta ucapkan hal-hal positif yang butuh Anda kerjakan untuk mengatasinya. Cara ini akan menolong Anda mendengar perasaan kita sekaligus memberikan kepercayaan bahwa Anda dapat melaluinya.

4. Cari tahu penyebab frustasi

Mencari tahu penyebab putus asa dan mengejar solusinya merupakan teknik yang dapat Anda kerjakan untuk menanggulangi rasa frustasi. Di samping itu, kita juga dapat membuat susunan segala sesuatu yang mengganggu benak Anda, lantas tentukan mana yang dapat diperbaiki atau diubah. Catat pula pilihan penyelesaian untuk memperbaikinya.

5. Jangan terlampau memikirkannya

Berusahalah untuk memindahkan pikiran ke hal-hal yang positif dan jangan konsentrasi pada hal-hal yang menciptakan Anda sedih, kecewa, dan frustasi. Pikirkan apa yang bisa Anda kerjakan untuk membetulkan kegagalan yang menciptakan Anda frustasi, lantas lakukan hal-hal yang dapat membuat kita bangkit kembali.

Di samping melakukan sekian banyak  cara di atas, Anda dapat melakukan hal-hal positif dan kreatif, laksana berolahraga, relaksasi, meditasi, bermain musik, menari, melukis, atau berlibur. Tetaplah tenang dalam menghadapi masing-masing masalah Anda. Ketika emosi mulai memuncak, tarik napas dan hembuskan napas secara perlahan seraya memikirkan hal-hal yang positif atau sisi-sisi positif dari urusan yang sedang kita alami.

Jika kita mengalami kendala dalam mengelola rasa frustasi, usahakanlah untuk berkonsultasi dengan psikolog dan psikiater. Ingat, kita memang bisa menghindari kegagalan yang mengakibatkan munculnya rasa putus asa dan frustasi dalam hidup, namun Anda bisa belajar mengelolanya.

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Tips agar hidup lebih sehat